Memakmurkan Masjid dengan Kaligrafi Gratis

Tabloid Friday Edisi 16 Juli 2008

Ada kebiasaan baik yang menarik dari seorang Isep Misbah. Ia sering tergerak untuk memberikan layanan kaligrafi secara gratis kepada masjid-masjid yang ditemuinya. “Sementara ini kami tidak menyeleksi. Secara kebetulan saja, seperti jalan ke suatu tempat, lalu ada daya tarik tersendiri. Ah, ini kalau diberikan hiasan kaligrafi bakal bagus. Dan pada pertemuan pertama itulah yang membuat kami tergugah,” jelasnya.

Pria kelahiran Sukabumi 4 Maret 1974 ini jelas bukanlah seorang anak muda yang sekedar hobi corat-coret. Berbagai penghargaan kaligrafi pernah diperolehnya. Berbagai perhelatan akbar, dari tingkat kabupaten sampai tingkat nasional, menjadi ajang prestasinya. Isep pernah menyabet juara kaligrafi tingkat nasional MTQ 2006. Isep juga telah tiga kali menjuarai sayembara kaligrafi yang diselenggarakan Pemerintah Brunei Darussalam, bahkan pernah mendapatkan penghargaan nominasi terbaik dari Pemerintah Turki.

Bersama dengan delapan rekannya, ia mendirikan Noqtah Islamic Calligraphy yang menyediakan jasa kaligrafi untuk naskah buku-buku Islam, desain grafis, hiasan mushaf Alquran, handicraft, prasasti, dan dekorasi interior serta eksterior di berbagai masjid. Isep juga masih menyempatkan diri untuk menularkan kemampuan menulis kaligrafi di Lembaga Kaligrafi Al-Qur’an [LEMKA] UIN Jakarta. Tujuannya untuk mendorong kaligrafer muda agar mau ikut aktif di dunia kaligrafi dengan niat mengenalkan ‘seni berdakwah’ lewat keindahan goresan tangan itu.

Ketika ditanya lebih jauh tentang semangatnya dalam memberikan jasa kaligrafi cuma-cuma bagi sejumlah masjid, Isep menjawab dengan sederhana “Ah iue mah [ini sih] untuk shadaqah. Karena bisnis ya bisnis, tapi ada saatnya kita harus bantu masjid,” ujar pria - yang telah dikaruniai dua anak - ini lugas menjelaskan motivasinya.

Mempercantik masjid dengan kaligrafi merupakan salah satu cara memakmurkan masjid. Isep Misbah dengan kemampuannya menulis kaligrafi telah berusaha sesuai keahliannya untuk menghias rumah-rumah Allah.

Ada banyak cara memakmurkan masjid. Pada dasarnya berbagai potensi yang ada di dalam diri kita bisa dibaktikan untuk kemajuan masjid. Tidak melulu harus berupa perbaikan fisik masjid, memakmurkan masjid harus dipandang dalam konteks yang lebih luas yang pada ujungnya bertujuan untuk mensejahterakan ummat. Masjid memang sudah seharusnya menjadi salah satu tempat pemberdayaan ummat. Isep Misbah telah memberi contoh kepada kita semua untuk membantu memakmurkan masjid sesuai dengan potensi dan kemampuan yang ada pada dirinya. Coba tengok masjid-masjid di sekitar anda. Anda pasti juga bisa berbuat sesuatu kan?


TAG: Kaligrafi, dekorasi, memakmurkan masjid, kaligrafi gratis, menghias masjid, ahli kaligrafi, isep misbah, noqtah art